Berbagai Tips Cara Mengatasi Mata Kelelahan

Terlalu banyak menggunakan komputer atau gadget seperti smartphone dan sejenisnya, dapat membuat mata kamu mengalami beberapa gangguan. 

Dibawah merupakan berbagai tips cara mengatasi mata kelelahan :


salahsatu gerakan relaksasi mata


Hal tersebut jika terus dibiarkan tanpa ada tindakan dan perhatian lebih lanjut, bisa saja mengancam kesehatan matamu, kamu tentu tidak ingin jika mata kamu mengalami kerusakan. Berikut tips untuk mengatasinya :

1.Beristirahat

Ambilah istirahat kecil, entah berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan kamu pada objek lain, agar matamu tidak terlalu lelah.

2.Berikanlah Jarak Dengan Layar Monitor

Buatlah posisi senyaman mungkin agar kamu tidak harus bekerja ekstra dengan menjulurkan leher pada bagian monitor karena objek pada monitor yang tidak terlihat dengan jelas.

3.Kendurkan Otot Mata

Menggosok-gosokan kedua telapak tangan yang kemudian kamu menghasilkan efek panas, setelah itu tempatkan jari-jari tangan yang terasa panas pada daerah atas mata. Rasa panas tubuh tersebut akan membuat otot-otot mata menjadi lebih rileks.

4.Sesuaikan Kecerahan Layar Komputer

Layar computer yang terlalu cerah akan membuat matamu mudah merasa lelah. Usahakan untuk tidak terlalu terang, agar matamu tidak cepat merasa lelah.

5.Gunakan Kacamata Anti Silau

Untuk mengatasi kecerahan yang berlebih pada layar monitor kamu. Tidak ada salahnya mencoba cara lain dengan menggunakan kacamata anti silau.

6.Pijat Mata

Cara lain yang lebih nyaman adalah dengan rutin memijat bagian mata saat menjelang tidur. Cobalah gerakan memijat bagian kelopak mata dengan lembut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih dua menit.

7.Berkedip

Berkedip adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat mata anda kembali segar. Saat kamu merasa lelah, usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata untuk memulihkan kebugaran mata. Meski sederhana cara ini banyak dipilih untuk memulihkan kesehatan mata.

8.Rutin Periksakan Mata

Meski kamu tidak berkacamata, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksakan kesehatan mata. Hal tersebut adalah cara terbaik untuk mendeteksi berbagai penyakit yang berkaitan dengan mata.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment