Belajar ngeblog dari awal

Belajar blog dari awal? Dimulai darimana ya? STAY HUNGRY STAY FOOLISH

Belajar ngeblog dari awal 
Halo sobat semua …

Dimulai pertengahan tahun 2016 ini saya selain disibukkan dengan kegiatan kuliah , juga disibukkan dengan belajar optimasi blog atau biasa disebut dengan kegiatan SEO blogging bagi kami para  blogger. Ada yang mengatakan SEO (Search Engine Optimation) itu penting? atau tidak penting ? Itu semua kembali pada sobat, karena semua blogger punya pendapat dari pengalamannya masing-masing. Mengapa saya harus belajar lagi ngeblog dari awal? Alasannya bermacam-macam mulai dari faktor eksternal karena saya terlalu fokus pada perkuliahan seperti dengan diberikannya berbagai macam tugas oleh dosen saya. Dan juga faktor internal seperti masih ada rasa malas, postingan belum konsisten, isi topik berantakan, konten belum dimaksimalkan, belum terlalu banyak mendapatkan ide untuk postingan, dan tentunya karena saya pribadi masih sangat pemula dengan yang namanya dunia blogging.

Kegiatan blogging bagi seorang blogger pemula seperti saya bukan hanya untuk mendapatkan reward, earnings, ataupun mendapatkan popularitas. Tetapi, bagi saya kegiatan blogging merupakan suatu hobi yang direncakan dan memang dari awal saya suka menulis namun belum mengoptimalkannya hehe mulai dari belajar menulis, memposting artikel, mempublish artikel, melakukan backlink, dan yang pasti membagikan ilmu yang sudah saya dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi ataupun berdasarkan hasil observasi saya.

Lalu, apa saja yang harus saya lakukan untuk memulai blogging dari awal?

            Membuat artikel dengan gaya bahasa sendiri, kudu original
Bagian ini memang sangat sulit, tapi dengan latihan dan mempraktekannya mungkin hal itu akan menjadi ringan dan biasa apabila kita membiasakannya. Jika dipikiran sobat ada negative mindset seperti membuatnya rumit maka akan rumit pula isi postingan tersebut dan tentunya akan membuat konten berantakan seperti pengalaman pada blog yang dibuat pertama oleh saya.

            Postingan harus sesuai dan tetap konsisten pada label atau tema
Apa yang harus saya bahas ataupun posting ke dalam blog merupakan tanggungjawab saya sebagai seorang pemula. Isi postingan harus disesuaikan dengan tema atau label yang saya bahas. Jangan sampai antara judul postingan dan tema berbeda. Misalkan, saya membahas tentang Review Adnow Alternatif PPC dengan label bisnis online. Jangan sampai antara judul artikel, tema dan isi konten tidak saling mendukung atau bertabrakan.

            Mengoptimalkan blog berdasarkan panduan dari para master pro blogger
Sekitar 1 bulan yang lalu, atau lebih tepatnya pada bulan September saya tertarik dan mencoba membeli salahsatu e-book dari master saya. Di dalam e-book tersebut berisi panduan lengkap tentang memulai membuat blog, membuat jadwal postingan, cara mendatangkan trafik sesuai target, pertanyaan seputar ide ngeblog, riset kata kunci dengan Google Adwords Keyword Planner, cara menulis postingan yang benar, cara memilih hosting domain , pemilihan nama domain yang tepat, sampai cara menghasilkan uang lewat PPC primadona Google Adsense. Semua itu akan sedang dan saya akan terus mempraktikkannya berulang-ulang.

            Belajar mencoba berbagai alternatif periklanan
Selain periklanan yang menjadi impian para blogger, apalagi kalau bukan iklan PPC Google Adsense? Salahsatu alasan saya mencoba alternatif dari iklan ini yaitu karena saya dulu saat melamar iklan ini ditolak hehe . Tidak mengapa, karena masih banyak iklan yang cocok bagi para publisher untuk menghasilkan uang dari blog . Diantara periklanan yang sudah saya coba dimulai dari iklan tipe PTC, PPC , CPM , PPP ( Pay Per Post , PPS (Pay Per Survey) , PPD (Pay Per Download) dan masih banyak lagi pokonya hehe. Tidak terhitung soalnya.hehe
Maklum saya kan blogger pemula yang sangat sangat masih penasaran dengan cara menghasilkan uang lewat internet dengan kegiatan blogging. Lumayanlah buat tabungan iya kan sob? Hehe

            Harus cerdas mengatur jadwal postingan
Dalam mengatur jadwal dibutuhkan manajemen waktu yang baik. Meskipun saya sedang kuliah mulai dari Senin sampai Sabtu intinya seminggu kuliah. Saya harus bisa mengatur waktu yang tepat saat istirahat ataupun sedang tidak ada jadwal dihari tersebut. Karena memang benar waktu itu sangat berharga, jadi lebih baik memanfaatkan waktu yang ada meskipun sedikit untuk sekedar membuat draft, mengedit dan memposting artikel.

Dimulai bulan ini dan seterusnya saya akan tetap fokus belajar, belajar dan belajar LEARNING BY DOING tentunya dengan langsung mempraktekannya. Mungkin beberapa blog saya akan berganti nama domain, namun setelah anggaran modal terkumpul tentunya.

“ Apapun rintangannya akan saya hadapi, saya harus berani mencoba keluar dari zona nyaman sebagai mahasiswa. Masa muda adalah masanya coba-coba, namun harus dalam hal yang positif tentunya. Lebih baik kehilangan masa muda, daripada kehilangan masa depan.“ Karena SUKSES itu tidak instan dan dibutuhkan proses belajar meskipun itu gagal berkali-kali. Yang terpenting dari kesuksesan itu adalah PROSES bukan hasil SUKSES itu sendiri.Jadi, intinya terus hancurkan dinding yang ada dalam diri sobat, jauhkan negative mindset dalam pikiran.”
Terimakasih sobat semuanya…semoga saya selalu konsisten dalam memberikan postingan yang bermanfaat bagi sobat.aamiin

Salam Blogger Sumedang

AYO TERUS NGULIK !!!     
Previous
Next Post »
Thanks for your comment