Tips Menemukan Bakat Yang Sesuai Hobi

Masa muda adalah masanya coba-coba jadi manfaatkan masa itu sebaik-baiknya untuk hal yang positif


Apa hobimu ?


Salam sobat semuanya …

Coretan Gugum Maulana - Apa hobimu? Bagaimana cara menemukan hobi yang positif dan berguna bagi kita untuk kedepannya? Yuk, simak unek unek saya dibawah ini. hehe
Memang cukup sulit bagi seseorang yang masih muda seperti saya atau seperti remaja pada umumnya untuk menemukan hobi dan bakat yang disukai. Hobi dan bakat yang kita sukai tersebut harus mempunyai efek positif bagi kita dan bagi orang lain. Tapi, kebanyakan remaja sekarang dalam pergaulannya yang semakin bebas, justru hobi tersebut malah menjadi hobi yang berefek negatif. Contohnya? misalkan ada teman orang lain yang hobi kumpul malam dengan komunitas motornya, dan kegiatan tersebut hanya sekadar ajang untuk nongkrong di jalan sambil merokok,foto sana foto sini ataupun sekedar nongkrong di cafe sampai larut malam. Iya, memang pasti ada manfaatnya seperti tingkat solidaritas tinggi, tapi apa artinya jika solidaritas hanya pada sebatas buang-buang waktu. Tapi, alangkah baiknya jika hal tersebut diisi dengan acara seperti bakti sosial misalnya..Itu baru nongkrong yang positif dan solidaritas tingkat dewa haha

Lalu apa yang menjadikan hobimu menjadi negatif? Apa penyebabnya?
Salah satu faktor penyebabnya yaitu karena di usia remaja kita masih dalam tahap pencarian jati diri. Kira-kira masa pencarian jati diri dimulai saat kita berumur 13-19 lah saya asumsikan dengan umur diantara angka tersebut berdasarkan observasi saya terhadap diri sendiri dan teman saya yang lainnya. Diantara usia tersebut sikap para remaja masih sangat tidak stabil alias labil euy, mudah dipengaruhi dengan hal-hal yang negatif,  dan juga belum mampu berpikir secara kritis mana yang menjadi prioritas dan yang non prioritas.
Ada pepatah " Apabila sobat berteman dengan seorang penjual petai ,maka sobat akan bau petai. Namun, bila sobat berteman dengan pedagang parfum maka sobat akan wangi parfum"

Jadi, sobat pilih bau mana, bau petai atau wangi parfum? hehehe

Ada satu pepatah lagi " Lebih baik kehilangan waktu masa muda, daripada kehilangan waktu di masa depan." Yang harus diingat adalah mengisi masa muda dengan hal-hal yang positif.
Lakukanlah hal bermanfaat bagi kita dan orang lain, bukan hanya untuk memenuhi gengsi dan sifat buruk lainnya. Tapi, semua yang dilakukan tersebut hanya untuk mencapai kemandirian dalam hidup yang bahagia di masa depan.

Ada beberapa hal yang dapat sobat terapkan untuk menemukan hobi dibidang yang kita sukai, menurut unek-unek saya :

# Cobalah melakukan bermacam-macam kegiatan yang kita sukai maupun yang tidak kita sukai. Try it ! Not Wrong but its Try Everything
Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru berinovasi lah, selama itu baik dan bersifat positif. Nantinya dari macam-macam kegiatan tersebut kita akan menemukan mana kegiatan yang dapat kita jadikan sebagai hobi yang kemudian menjadi bakat dan mungkin saja bisa menjadi pekerjaan kita di masa mendatang. Setelah kegiatan tersebut kita sukai pastikan apa manfaatnya dan apa efek positifnya.
  
# Tanyakan pada diri sendiri, apakah cita-cita saya? Apa keinginan saya? Apa potensi saya untuk meraihnya?
Itu merupakan pertanyaan yang cukup mendasar bagi kita,namun memiliki jangkauan arti pemikiran yang luas dan dalam. Dan juga harus dipikirkan secara matang dalam artian konsisten dalam mencapai apa yang kita cita-citakan. Dari hobi bisa datang menjadi cita-cita lho. Pernah kepikiran ?

# Tekuni salahsatu bidang yang mempunyai prospek cerah di masa depan
Salahsatu yang menjadikan orang seperti kita remaja untuk sukses adalah bahwa kita harus mempunyai kegiatan atau hobi yang berpengaruh untuk kedepannya. Saat dimana kita akan mulai menginjak masa dewasa, dimana umur sudah tidak belasan lagi dan sudah mampu berpikir kritis. Siapa yang tahu kegiatan tersebut bisa menjadi salahsatu sumber keberhasilan kita dalam menghasilkan uang ?

# Ketika sudah menjadi hobi, pastikan hobi tersebut bisa membuat kita bahagia dan menghasilkan profit
Itulah yang disebut hobi yang dibayar! Ketika kita melakukan pekerjaan kita dengan yang sesuai hobi kita , maka otomatis kita akan menyukai dan enjoy di bidang tersebut.
Hobi yang bahagia yaitu hobi yang dibayar, meskipun hobi itu akan menjadi pekerjaaan kita nantinya kita tidak akan terbebani dengan pekerjaan tersebut. Dengan begitu akan membuat kita selalu bahagia.

Jangan sampai kita yang membayar untuk hobi tersebut, apalagi hobi tersebut mahal. Lebih baik menjadikan hobi tersebut yang membayar kita, sehingga dari hobi tersebut kita dapat keuntungan bukan kerugian.

AYO TEMUKAN BAKAT TERSEMBUNYIMU !!! GALI LALU OPTIMALKAN MENJADI SESUATU YANG BERHARGA DAN BERMANFAAT

Yang lebih peting dari itu semua adalah kita harus mempunyai sikap yang konsisten, terus inovatif, kreatif dan berani keluar dari zona nyaman kita. Out of the Box !!! Dan jangan lupa juga meminta petunjukNya dengan terus berdoa dan berikhtiar.

Mungkin itulah postingan yang dapat saya buat untuk cara menemukan bakat diusia muda dan dibidang yang kita sukai. Sekian dan terimakasih sobat semua... silahkan di share ya..

#salamkuper  #bloggersumedang

cara menemukan bakatmu, tips mencari ide hobi di masa muda , pergaulan remaja saat ini , menemukan bakat di dalam hobi , trik membuat hobi menjadi profit , tips agar hobi menjadi pekerjaan , menjadikan bakat sebagai hobi
Previous
Next Post »
Thanks for your comment